Jumat, 29 Maret 2013

6 organ ini rusak, manusia bisa tetap hidup

 
>

Orang dapat bertahan hidup jika ketika salah satu paru-paru tidak diaktifkan. Hidup dengan satu paru-paru biasanya tak mempengaruhi tugas sehari-hari. "Meskipun mereka tidak akan dapat melaksanakan aktivitas yang berat," kata Dr Len Horovitz, pulmonologis di Lenox Hill Hospital, New York.
 
Lalu organ apa saja yang tidak ada dan Anda masih bisa hidup?

1. Ginjal

Manusia memiliki dua ginjal, tetapi hanya membutuhkan satu saja untuk bertahan hidup. Orang bisa menghilangkan satu ginjal karena cedera atau mendonorkan ginjalnya. Secara umum, orang dengan satu ginjal memiliki sedikit masalah kesehatan atau bahkan tidak ada. Mereka tetap memiliki harapan hidup yang normal. Bahkan, secara teknis, orang bisa hidup tanpa ginjal, namun harus selalu memerlukan dialisis.

2. Limpa

Limpa berfungsi menyaring darah dan membantu tubuh memerangi infeksi. Tapi, itu tidak terlalu penting untuk kelangsungan hidup secara langsung. Limpa dapat dihilangkan, misalnya karena rusak. Namun, orang tanpa limpa akan lebih rentan terhadap infeksi.

3. Organ reproduksi
Perempuan dapat mengangkat rahim mereka dalam histerektomi sebagai pengobatan kanker, fibroid rahim, nyeri panggul kronis, atau alasan kesehatan lainnya. Bahkan pria pun bisa menghilangkan testis mereka untuk pengobatan kanker testis.

4. Perut
Seluruh perut kadang-kadang bisa dihilangkan sebagai pengobatan kanker perut. Prosedur ini disebut dengan gastrektomi total. Penjelasannya, usus kecil terhubung ke kerongkongan. Orang yang mengalami gastrektomi total menerima nutrisi melalui pembuluh darah selama beberapa minggu sementara mereka manjalani pemulihan. Setelah itu, mereka bisa makan sebagian besar makanan, tapi mungkin perlu untuk makan makanan kecil dan mengambil suplemen makanan jika mereka memiliki masalah pada penyerapan vitamin.

5. Usus besar

Usus besar seseorang bisa diangkat untuk mencegah kanker usus besar. Mereka dapat hidup tanpa organ ini, namun perlu memakai kantong tambahan di luar tubuh mereka untuk mengumpulkan tinja. Tetapi, prosedur bedah dapat dilakukan untuk membuat kantong di usus kecil guna menggantikan usus besar, sehingga tak perlu membawa kantong tempat tinja ke mana-mana.

6. Usus buntu

Organ kecil ini berbentuk tabung yang menjorok keluar dari bagian pertama usus besar. Hingga saat ini belum jelas apa fungsinya, namun dapat dihilangkan jika terjadi radang atau pecah.

Tidak ada komentar:
Write comments

KapanLagi.com

Tech in Asia