Selasa, 09 Oktober 2012

Masa waktu makanan dalam lemari es

 
>










Menyimpan makanan dalam lemari es pasti sudah menjadi kebiasaan kita. Namun tak banyak yang tahu mengenai berapa lama waktu makanan dapat disimpan di dalam kulkas.
Berikut beberapa contoh makanan dan masa waktu nya di dalam lemari es 

1. Daging ayam 
Jika disimpan dalam freezer, daging ayam bisa bertahan hingga sembilan bulan sampai satu tahun. Namun jika diletakkan dalam lemari es biasa, daging ayam hanya bisa bertahan hingga dua hari. 

2. Ikan segar 
Sama dengan daging ayam, ikan segar juga hanya bisa bertahan hingga dua hari dalam lemari es. 

3. Telur 
Telur segar bisa bertahan dalam lemari es selama tiga sampai lima minggu. Setelah itu sebaiknya jangan menggunakannya untuk memasak. 

4. Sup dan Masakan tanpa sayur 
Biasanya orang juga menyimpan masakan yang sudah jadi dalam lemari es. Jika masakan Anda tak mengandung sayur, maka masakan tersebut bisa bertahan hingga empat hari. 

5. Susu 
Baik diletakkan dalam freezer atau tidak, susu segar bisa bertahan dalam lemari es selama tujuh hari atau satu minggu. 

6. Yogurt 
Jika diletakkan dalam freezer, yogurt bisa bertahan hingga satu sampai dua bulan. Namun jika tidak diletakkan dalam freezer, yogurt hanya mampu bertahan hingga tujuh sampai 14 hari. 

7. Buah-buahan 
Buah anggur, peach, pear, dan plum bisa bertahan dalam lemari es hingga enam bulan jika dimasukkan dalam freezer. tetapi jika tidak, buah-buahan hanya bisa bertahan hingga tiga sampai lima hari saja.  Sementara itu, buah-buahan kaya vitamin seperti lemon, jeruk nipis, dan jeruk bisa bertahan hingga dua sampai lima minggu dalam lemari es.
Namun jika dibiarkan dalam suhu ruangan pun, buah-buahan ini masih bisa bertahan hingga tiga hari.  Selain buah-buahan di atas, pepaya juga bisa bertahan hingga satu sampai tiga hari dalam lemari es. Sementara semangka bisa bertahan hingga enam sampai delapan hari dalam lemari es. 

8. Jus buah kemasan 
Dalam keadaan terbuka, jus buah kemasan bisa bertahan hingga tiga minggu. Namun jika kemasan sudah terbuka, maka jus buah kemasan hanya bisa bertahan selama tujuh sampai 10 hari. 

9. Sayuran 
Sayuran seperti lobak dan wortel bisa bertahan selama dua minggu dalam lemari es. Sementara kubis, bunga kol, bayam, cabe, dan kacang hijau bisa bertahan hingga satu minggu.  Kacang bisa bertahan hingga satu tahun dalam lemari es, dan jamur bisa bertahan hanya satu sampai dua hari saja. 

10. Mayonnaise 
Dengan botol terbuka, mayonnaise bisa bertahan hingga dua sampai tiga bulan jika diletakkan dalam lemari es.  Itulah beberapa jenis makanan dan masa penyimpanannya dalam lemari es. Meski semua makanan termasuk tahan lama dalam lemari es, namun utamakan untuk selalu mengonsumsi makanan saat masih segar.

Tidak ada komentar:
Write comments

KapanLagi.com

Tech in Asia