Kamis, 06 September 2012

Cara menyikat gigi yang benar

 
>


Walaupun menyikat gigi sudah menjadi aktivitas kita sehari-hari, namun terkadang kita sering mengalami gangguan pada kesehatan gigi, seperti terasa nyeri, gigi berlubang, dan lain sebagainya.
Tahukah Anda mengapa hal itu bisa terjadi?
Sebenarnya banyak hal yang membuat kesehatan gigi terganggu, antara lain malas menyikat gigi, tidak rutin ke dokter gigi, atau malah salah teknik menyikat giginya.
Ratu Mirah Afifah, Professional Relationship Manager Oral Care, Unilever Indonesia dikutip dari Kompas.com mengatakan, “Sebagian besar masyarakat menyikat gigi pada waktu mandi.” Padahal, menyikat gigi pada waktu mandi merupakan kesalahan yang dilakukan orang Indonesia.

Dari hasil Riset Kesehatan Dasar 2007 menyebutkan bahwa 91,1 persen penduduk Indonesia sudah menyikat gigi dua kali sehari. Namun, hanya 7,3 persen yang menyikat gigi secara benar, yaitu sesudah sarapan dan sebelum tidur. Masyarakat yang menerapkan cara menyikat gigi yang benar pada umumnya berasal dari kalangan ekonomi menengah ke atas yang tinggal di perkotaan. Cara yang benar ini dilakukan pada kelompok usia muda, khusunya perempuan karena mereka lebih telaten dibandingkan dengan laki-laki.
Cara masyarakat Indonesia menyikat gigi harus diubah agar kesehatan gigi selalu terawat. Meskipun sulit untuk mengubah kebiasaan itu, namun harus tetap dilakukan karena gigi sangat berperan penting di dalam mulut yaitu untuk merobek dan mengunyah makanan.

Agar tidak terjadi kerusakan pada gigi, Anda harus menyikat gigi 2 kali sehari pada waktu yang tepat, yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur. Selain itu, teknik menyikat gigi pun harus dilakukan dengan benar yaitu dengan cara menyikatnya harus menjangkau ke seluruh permukaan gigi dengan arah dari gusi ke gigi.

Pilih sikat gigi yang memiliki bulu lembut, pasta gigi yang mengandung fluoride, dan bila perlu memakai obat kumur satu minggu sekali agar tidak menimbulkan plak dan karang gigi. Bila Anda menyikat gigi pada waktu yang tepat dan teknik yang benar, maka gigi akan sehat dan tidak berlubang ataupun terasa nyeri.

Kesalahan cara menggosok gigi akan mengakibatkan kesehatan gigi terganggu. Namun, Ketua Umum Persatuan Dokter Gigi Indonesia, Zaura Rini Anggraeni mengatakan,
“Walaupun cara Anda sudah benar ketika menyikat gigi, namun Anda harus tetap rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.” Untuk menjaga kesehatan gigi, Anda juga harus mengurangi untuk mengonsumsi makanan manis, seperti susu, permen, atau yoghurt karena sisa-sisa makanan tersebut bisa meninggalkan bekas di gigi dan berakibat gigi akan berlubang. Anda juga disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayur-mayur, seperti stroberi, apel, wortel, dan seledri untuk membantu membersihkan gigi.

Baca juga :
Cara membuat gigi menjadi putih bersinar

Tidak ada komentar:
Write comments

KapanLagi.com

Tech in Asia