Rabu, 18 April 2012

Larry Page and Sergey Brin in Google

 
>


Pasca kesuksesan Bill Gates dan Microsoft nya, tahun 1998 banyak orang dan investor yang tidak percaya akan ada gebrakan di dunia internet dan IT lagi. Akibatnya, Sergey Brin dan Larry Page pun kesulitan mendapat investor untuk mengembangkan proyek penelitian mereka di bangku kuliah yang merupakan cikal bakal Google.

Namun, setelah berhasil meyakinkan seorang investor plus kawan-kawan serta keluarganya, mereka pun mengambil cuti kuliah dan proyek Google pun mulai dikembangkan. Satu hal yang menonjol dari kisah perjuangan Page dan Brin sejak awal adalah sikap optimisme mereka. Selain itu, sistem menejemen Google yang memberi kebebasan pada setiap inovasi, imajinasi dan 'memanjakan' karyawannya yang semua itu dibalas dengan hasil kerja yang penuh kreativitas serta kinerja yang justru sangat baik.

Suasana kerja yang santai, yang di antaranya juga dapat kita lihat pada deskripsi profil direksi di situs mereka, juga telah menjadi buah bibir dan memicu bergabungnya makin banyak sarjana-sarjana unggul di dunia, bahkan staf-staf terkemuka dari perusahaan kompetitor mereka.

Sebagai perusahaan besar, Google juga tidak lantas hanya berpikir mengeruk kekayaan sebanyak-banyaknya dari para pemegang iklan. Prinsip untuk tidak memasang iklan rokok, minuman keras, pornografi atau senjata api di situs mereka tetap dijaga, dari awal situs ini berdiri hingga sekarang. Tak heran jika ide sederhana dan tidak berorientasi kepada mencari untung yang digagaskan Brin dan Page yaitu untuk membantu para pangguna internet lebih mudah mencari data itu kemudian membuat Google menjadi salah satu 'tokoh baik' dalam dunia internet.

Kisah pemuda Rusia, Sergey Brin dan Amerika Larry Page mengembangkan Google memang mamberikan banyak inspirasi yang sangat bermanfaat bagi kita. yang menarik dari perjuangan mereka justru bukan hanya tentang kesuksesan yang kini mereka nikmati saja, tapi terlebih adalah niat mulia yang disikapi dengan integritas, kesederhanaan, optimisme serta kerja keras. dan jangan takut apabila kita hanya menghasilkan sesuatu hal yang kelihatannya 'sederhana', namun apabila hal sederhana tersebut dilandasi oleh impian yang besar maka hal 'sederhana' tersebut akan menjadi hal yang 'luar biasa'.

Pendapatan yang diperoleh Google tahun 2011 adalah sebesar USD8,58 miliar, meningkat 27 persen dari USD6,78 miliar yang mereka hasilkan pada kuartal pertama tahun 2010. Sebesar 69 persen dari pendapatan tersebut datang dari situs-situs yang dimiliki Google, sementara 28 persen lagi datang dari AdSense.

Tidak ada komentar:
Write comments

KapanLagi.com

Tech in Asia