Selasa, 17 April 2012

Jim Young Kim "Presiden bank dunia asal korea"

 
>


Jim Young Kim, Rektor Darmout College di Amerika Serikat, terpilih jadi Presiden Bank Dunia terbaru. Ia akan menggantikan Robert Zoellick per 1 Juli 2012.
Kim yang berusia 52 tahun adalah Presiden Bank Dunia keturunan Asia pertama sejak 1945.

Pertemuan Dewan Bank Dunia di Washington pada Senin, 16 April 2012, memutuskan kemenangan Kim yang merupakan warga Amerika Serikat setelah mengalahkan kandidat terkuat, Menteri Keuangan Nigeria Ngozi Okonjo-Iweala. Pemilihan kemarin adalah pertama kalinya dalam sejarah Bank Dunia calon dari Amerika mendapat saingan ketat dari calon lainnya.

Menurut sumber Guardian, Okonjo-Iweala didesak mundur karena potensi perpecahan negara-negara anggota. Padahal Okonjo sudah mengumpulkan 19 persen suara. Okonjo dinilai akan memicu pengelompokan antara negara anggota Bank Dunia. Meski didesak, Okonjo berkukuh mengikuti seleksi.

Tapi akhirnya Kim yang menang. Pria kelahiran Seoul, Korea Selatan, itu banyak mendapat dukungan dari Amerika Serikat, Eropa, Jepang, dan Kanada. Negara pendukung Kim adalah pemegang suara mayoritas Bank Dunia.

Kim adalah pria pilihan Presiden Barack Obama. Jatuhnya pilihan ke ahli kesehatan masyarakat itu mengejutkan semua orang. Sebab biasanya calon Presiden Bank Dunia pilihan Amerika memiliki latar belakang dunia keuangan.

Sedikit aneh, apa ada kepentingan politik di dalamnya???


source : tempo.co

Tidak ada komentar:
Write comments

KapanLagi.com

Tech in Asia