Minggu, 11 Maret 2012

Michele Ferrero, Raja Coklat Dunia

 
>


Michele Ferrero yang lahir tahun 1927 ialah seorang pemilik pabrik coklat Ferrero SpA, salah satu yang terbesar di benua Eropa. Merek-merek yang mencakup Nutella, Mon Chéri, Kinder Chocolate, Ferrero Rocher, Tic Tacs dan Kinder Eggs.

Coklat telah membuat Michele Ferrero menjadi pengusaha kelas dunia. Tahun ini, Forbes menempatkannya sebagai orang terkaya di dunia ke-28 dengan kekayaan sebesar US$ 17 miliar.

Produk pertama Ferrero ialah sebuah selai kombinasi hazelnut dan coklat yang dinamai Nutella. Selai ini menjadi fenomenal karena menjadi selai nomor satu yang terjual paling laris di seluruh dunia. Sejak bisnisnya yang pertama, Ferrero telah memperkenalkan banyak merek makanan manis paling terkenal di dunia.

Meskipun Pietro Ferrero dan saudaranya Giovanni telah membangun pondasi bagi kesuksesan perusahaan di masa datang saat keduanya meninggal di awal tahun 1950-an, tahta diwariskan kepada anak lelaki Pietro yang bernama Michele Ferrero. Michele melanjutkan usahanya mewujudkan visi pendahulunya dengan memperluas usaha hingga ke seluruh Eropa dan ke mancanegara.

Ferrero pertama kali pindah ke luar Italia di tahun 1956 dan lalu mendirikan sebuah fasilitas dan kantor manufaktur di Jerman. Langkahnya diikuti dengan pembangunan fasilitas baru di Prancis tahun 1958.

Di akhir dekade 1960-an dan awal 1970-an, Michele Ferrero memulai tahap baru yang mantap dalam ekspansi usaha ke tingkat internasional dengan berbekal kantor dan fasilitas penjualan di luar wilayah Eropa. Ferrero yang awalnya hanya ada di negeri paman Sam, kini merambah sejumlah negara seperti Kanada, Australia, Puerto Riko, Jepang, Brasil, Ekuador, dan sebagainya. Akhir-akhir ini, kantor Ferrero dibuka di Hungaria, Polandia, serta di Republik Ceko.

2 komentar:
Write comments
  1. This man is KING for Nutella! That is great stuff! Anything relating to chocolate is great!

    http://www.evon-von.com

    BalasHapus