Kamis, 09 Februari 2012

Belajarlah kepada air

 
>


Lihat lah air yang mengalir, begitu jernih dan indah nya.

Air melambangkan suatu ketenangan.

Air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah.

Air juga bermanfaat bagi semua makhluk hidup di bumi.

Air dapat mengisi ruang yg kosong secara fleksibel


Manusia harus menjadi seperti air dan melihat hakikat yg dmiliki oleh air sesungguhnya. Air bisa berubah wujud menjadi bermacam-macam. Ada air sungai, air laut, air minum, air liur, air kencing,dll. Semuanya adalah air yg sudah bermanifestasi menjadi sesuatu(Syahrini banget yah).

Namun jika ketika melihat lebih jernih, air laut, air sungai, air kencing tersebut pada hakikat nya adalah Air. Serupa tapi tak sama. Mereka menjalankan fungsinya masing-masing. Ada air untuk minum, ada air untuk mandi dan MCK, ada air hujan untuk menyirami tanaman. Semua proses itu telah mereka jalankan, dan itulah air.

Pelajaran apa yg bisa kita petik dari Air??

Manusia sama halnya seperti air. Manusia diciptakan berbeda-beda, ada yg hitam, ada yg putih, ada yg tinggi, ada yg pendek, ada yg kaya, ada yg miskin. Semua nya berbeda jika kita melihat dengan mata biasa. Tetapi jika kita melihat dengan mata batin, kita dapat melihat sesuatu yg benar-benar “jernih”.

Kita semua adalah sama! Sama halnya dengan air hujan, air sungai tadi. Mereka di tempat yg berbeda, mereka menjalankan fungsi yg berbeda, tetapi mereka tetaplah sama. Mereka tetap lah air. Selalu ada embel2 air di depannya. So, hendaknya kita tidak mempermasalahkan perbedaan yg ada di sekitar kita. Semua itu hanya embel2, pada hakikatnya kita manusia.

Manusia yg kaya, manusia yg miskin, manusia yg pintar, manusia yg sombong, dan manusia-manusia lainnya. Apapun itu kita tetaplah manusia, kita tetaplah sama.

Harri Pranata

2 komentar:
Write comments

KapanLagi.com

Tech in Asia