Sabtu, 14 Januari 2012

5 orang terkaya di Benua Afrika

 
>

Benua Hitam, Afrika, sebagai salah satu kawasan di jabat bumi selama ini lebih dikenal sebagai kawasan paling terbelakang dan sarat dengan konlik antar suku. Namun diantara jutaan jiwa penduduk itu, ternyata masih ada orang-orang yang memiliki kekayaan hingga miliar dolar AS.


Seperti dikutip VIVAnews dari laman Forbes, setidaknya terdapat 40 orang kaya Afrika yang berperan penting di kawasan Benua Hitam tersebut. Miliarder Afrika ini tersebar dari tersebar mulai dari Afrika Selatan hingga Maroko dan Mesir dengan bisnis tersebar di berbagai bidang berskala nasional dan dunia.


Jika digabungkan seluruhnya, total kekayaan miliarder Afrika ini mencapai US$64,9 miliar. Jumlah itu mengalahkan kekayaan 40 orang kaya Thailand sebesar US$45 miliar namun di bawah Taiwan sebesar US$92,7 miliar.


Dalam daftar orang kaya ini, terdapat 16 miliarder Afrika dari 40 daftar orang terkaya. Mesir merupakan negara dengan peningkatan jumlah miliarder tertinggi di Afrika sebanyak 7 orang, diikuti Afrika Selatan 4 orang.


Peningkatan tersebut membuat Afrika Selatan menjadi penyumbang miliarder terbanyak di Afrika sebanyak 15 orang. Mesir berada pada posisi kedua dengan jumlah miliarder sebanyak 9 orang, diikuti Nigeria 8 orang, dan Maroko 5 orang. Seluruh daftar miliarder Afrika ini merupakan pria berusia rata-rata 61 tahun. Berikut ini adalah peringkat 5 besar orang kaya Afrika :


1. Aliko Dangote

aliko-dangoteTotal kekayaan: US$10,1 miliar (Rp90,9 triliun)

Usia: 54 tahun

Negara: Nigeria

Sumber kekayaan: makanan dan semen

Dari daftar 40 orang terkaya Afrika tersebut, Aliko Dangote dari Nigeria muncul sebagai miliarder terkaya di jagat Benua Hitam. Kekayaan Dangote ditaksir mencapai US$10,1 miliar setara Rp90,9 triliun. (kurs Rp9.000 per dolar AS)).


Kekayaan Dangote berasal dari kepemilikan sahamnya di perusahaan Dangote Cement yang memiliki wilayah operasional di seluruh Afrika. Kini Dangote juga berminta untuk mengembangkan sayap bisnisnya dengan masuk pada industri pengolahan tepung, gula rafinasi, dan pengolahan garam.


2. Nicky Oppenheimer

nicky-oppenheimerTotal kekayaan: US$6,5 miliar (Rp58,5 triliun)

Usia: 66 tahun

Negara: Afrika Selatan

Sumber kekayaan: berlian


Pengusaha berlian asal Afrika Selatan ini ditaksir memiliki kekayaan hingga US$6,5 miliar. Oppenheimer memutuskan untuk menjual sahamnya di DeBeers yang telah dimilikinya keluarganya selama 80 tahun, pada awal November ke perusahaan tambang Anglo American.


Dalam dunia yang sempit ini, ternyata Anglo American adalah perusahaan yang didirikan kakek Oppenheimer pada 1917.


3. Nassef Sawiris

nassef-sawirisTotal kekayaan: US$4,75 miliar (Rp42,75 triliun)

Usia: 50 tahun

Negara: Mesir

Sumber kekayaan: konstruksi


Nassef Sawiris tercatat menjalankan bisnis Orascom construction Industries, sebuah perusahaan yang didirikan ayahnya, Onsi. Selama aksi demonstrasi terhadap Presiden Hosni Mubarak, saham perusahaan tercatat turun hampir sepertiganya. Namun, saham perusahaan kembali bangkit setelah aksi revolusi berakhir.


Pada Oktober, Sawiris bersama miliarder dari Crasil, Eike Batista yang berasal dari EBX Group mengembangkan perusahaan pupuk nitrogen di Brasil.


Sawaris juga tercatat memiliki saham besar di perusahaan semen LaFarge dan Texas industries.


4. Johann Rupert dan Keluarga

johann-rupertTotal kekayaan: US$4,7 miliar (Rp42,3 triliun)

Usia: 61 tahun

Negara: Afrika Selatan

Sumber kekayaan: barang-barang mewah


Johann Rupert merupakan miliarder barang-barang mewah asal Afrika Selatan. Dia kini menjabat Chairman dan CEO dari Richemont, perusahaan induk berbasis di Swiss yang menguasai produk-produk seperti Vacheron Constantin, Cartier, Alfred Dunhill, Montblanc dan ChloƩ.

Pada tahun 2010, Richemont mengakuisisi portal online khusus fashion, net-a-Porter senilai US$343 juta.


Tahun ini penjualan Richemont meningkat lebih dari 30 persen. Sebagian besar peningkatan disebabkan pemulihan resesi global dan meningkatnya permintaan barang mewah di Asia.


Rupert juga tercatat memiliki saham Remgro Ltd dan Reinet Investment Manager. Salah satu saham yang dibeli oleh Remgro adalah British American Tobacco (BAT).


5. Mike Adenuga

mike-adenugaTotal kekayaan: US$4,3 miliar (Rp38,7 triliun)

Usia: 58 tahun

Negara: Nigeria

Sumber kekayaan: telekomunikasi, bank, dan minyak


Hartawan yang senang menyendiri ini, menjalankan bisnis Conoil Producing, perusahaan Nigeria pertama yang merambah bisnis komersial pada awal 1990-1n. Saat ini Conoil Producing merupakan perusahaan eksplorasi minyak terbesar di Nigeria dengan produksi sekitar 100 ribu barel per hari.


Adenuga yang terkenal dengan sebutan ‘the Guru’ ini juga memiliki Globalcom yang merupakan operator telekomunikasi terbesar kedua di Nigeria.


Adenuga pertama kali menghasilkan uang jutaan dolar AS pada usia 26 tahun dengan menjual renda dan distribusi minuman ringan dengan bantuan dari mantan presiden Nigeria, Ibrahim Babangida. Selama masa kekuasaan Babangida juga, Adenuga memperoleh kontrak khusus untuk membangun barak militer dan izin penambangan minyak.

Tidak ada komentar:
Write comments

KapanLagi.com

Tech in Asia