Selasa, 15 November 2011

Harli 8 tahun sudah jadi BOS

 
>

Berapa usia yang pantas untuk memulai bisnis internet? Ternyata bisa lebih muda dari yang diperkirakan, yaitu 8 tahun. Contoh nyatanya adalah Harli Jordean, anak 8 tahun yang tinggal di London, Inggris.

Harli sudah tergila-gila pada kelereng ketika usianya 6 tahun. "Ia begitu terobsesi dengan kelereng sejak saat itu," kata ibunya, Tina, 51 tahun. "Ia biasa tidur dengan banyak kelereng di balik bantalnya. Hal terakhir yang ia bicarakan sebelum tidur adalah kelereng dan hal pertama yang ia katakan di pagi hari juga kelereng," tutur sang ibu.


Sayangnya, suatu kali sejumlah kelerengnya hilang. Ia pun memohon pada ibunya untuk mencari gantinya. Caranya dengan meminta sang ibu memesan kelereng di toko penjualan barang mainan online. Namun tak satu pun ia menemukan pihak yang menjual kelereng lewat internet. Lalu timbullah ide Harli untuk menjual kelereng di internet bagi teman-temannya.

Ia meminta dibuatkan website penjualan kelereng. Ibunya akhirnya membuatkannya dengan alamat MarbleKing.co.uk pada tahun 2009 lalu. Kelereng yang dijualnya berbagai jenis dan ukuran. Awalnya pembelinya hanyalah teman-teman Harli sendiri di sekitar rumah di London. Lama-lama pembelinya makin jauh. Dan tentu saja membuat Harli dan ibunya sibuk. Setelah itu dua kakaknya juga dipekerjakan. Akhirnya Harli punya "karyawan" yaitu ibunya sendiri dan dua kakaknya.

Kini pemesan kelerengnya sudah datang dari tempat sejauh Amerika Serikat. Omsetnya mencapai ribuan poundsterling setiap tahunnya. "Saya suka jadi bos. Tapi saya suka orang lain membantu pekerjaan saya sehingga jika ada sesuatu yang salah itu bukan kesalahan saya sepenuhnya," katanya dengan polos. Ibunya pun mengakui, kendatipun bisnisnya tak dijalannya sepenuhnya oleh Harli, namun ide-idenya datang dari Harli. Mungkin itulah bakat bisnis Harli.

(Sumber: Dailymail)

Tidak ada komentar:
Write comments

KapanLagi.com

Tech in Asia